Cara memutihkan gigi dengan bahan Alami

12 Cara Memutihkan Gigi secara Alami; Terbukti Ampuh

Posted on

Cara Memutihkan gigi secara alami

Cara Memutihkan Gigi Alami – Memiliki senyum yang indah tentu membuat siapa saja yang melihat akan jatuh hati. Tapi gimana kalau saat kita senyum, yang kelihatan adalah gigi kuning.! oooh nooo…  horror banget gak sih. !

Selain faktor genetik dan penyakit tertentu, gigi kuning yang terjadi juga bisa disebabkan oleh menipisnya lapisan Enamel gigi kita. Tentu saja karena kebiasaan-kebiasaan kita sendiri seperti: Kebiasaan merokok, minum kopi, minum minuman ber-alkohol, cara menyikat gigi yang kurang tepat, dan kebiasaan malas sikat gigi sehabis makan atau sebelum tidur.

Perlu diketahui bahwa warna asli gigi sebenarnya nggak putih cemerlang seperti yang ditampilkan di iklan-iklan pasta gigi. Tapi warna asli gigi adalah tampak putih kebiruan dan agak tembus pandang yang disebebkan pada gigi terdapat lapisan Enamel tadi. Dan di bawah lapisan Enamel, terdapat lapisan Dentin yang berwarna kuning. Jika Lapisan Enamel terus terkikis, maka lapisan Dentin yang berwarna kuning tadi semakin terlihat deh.

Jika warna gigi mu sudah terlanjur kuning, tenang aja, berikut ini cantikindonesia.id akan berbagi tips 12 cara mudah memutihkan gigi dengan bahan-bahan alami. Cara alami tentu saja sudah tebukti ampuh dan pastinya tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, memutihkan gigi dengan bahan alami tidak akan membuat mu merogoh kocek dalam-dalam.

12 Cara Memutihkan Gigi secara Alami

 

1. Cara Memutihkan Gigi dengan Garam + Jeruk Nipis

Garam memiliki berbagai kegunaan bagi mulut, di antaranya dapat menghilangkan bau tak sedap, membersihkan kotoran yang tersangkut di gigi, serta membuat gusi lebih sehat. Jeruk nipis juga sebagai kita tahu bahwa sangat bermanfaat untuk memutihkan serta membersihkan noda.

Caranya:

1. Campurkan perasan 1 buah jeruk nipis bersama 1 sdm garam, aduk hingga rata

2. Gosokkan campuran tersebut ke gigi 2x sehari.

2. Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda + Jeruk Nipis

Baking soda memiliki sifat basa sehingga dapat membersihkan gigi dari noda.

Caranya:

– Siapkan baking soda 1/2 sdt

– campur dengan 1/2 sdt perasan jeruk nipis

– gosok dengan menggunakan jari

– diamkan selama 1-2 menit lalu bilas.

– Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

Dianjurkan tidak terlalu sering menggunakan baking soda sebagai pemutih gigi. kandungan pada baking soda dapat menyebabkan erosi lapisan gigi dan menyebabkan gigi menjadi sensitif.

3. Jeruk Nipis + Kunyit + Garam

jeruk nipis mengandung asam sitrat yang memiliki fungsi serupa dengan bleaching (pemutih).

caranya:

– bakar kunyitnya terlebih dahulu selama beberapa menit.

– Setelah itu hancurkan sehingga menjadi bubuk halus, tambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan garam. Aduk rata sampai terbentuk pasta,

– Aplikasikan ke gigi, diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

– Lakukan cara ini dengan teratur untuk hasil yang optimal

4. Cara Memutihkan Gigi dengan Lemon + Jeruk Nipis

Selain dapat digunakan sebagai bahan minuman dan makanan, jeruk nipis dan lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai cara memutihkan gigi yang alami. keduanya sama – sama mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Caranya:

– Peras jeruk nipis dan lemon sebanyak satu sendok makan.

– Campur merata

– Gunakan sikat gigi untuk mengaplikasikannya

Kamu dapat melakukan cara ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.

5. Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk

Zat pektin dan juga minyak atsiri yang terdapat pada kulit jeruk berguna sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Selain bisa memutihkan gigi, kulit jeruk juga bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi. Caranya:

– Keringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari

– Tumbuk hingga halusCampurkan dengan air hingga berbentuk pasta

– Gunakan sebagai pasta gigi

– Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

6. Cara Memutihkan Gigi dengan Arang

Arang memiliki sifat alkali yang berfungsi untuk mengikis noda kuning pada gigi. Arang memang terlihat seperti kotor, namun penggunaan dengan skala kecil tidak akan berdampak negatif pada tubuh.

Caranya:

  1. Siapkan arang batok kelapa
  2. Tumbuk sampai halus, lalu diayak
  3. Campur bubuk tersebut dengan 1 sdm air perasan lemon
  4. Gunakan sebagai pasta gigi

7. Cuka Apel

kandungan basa pada cuka apel dapat mengikis noda kuning pada gigi

Caranya:

  1. Siapkan 1 sdm cuka apel dan gelas air
  2. Campur 2 bahan tersebut sampai merata
  3. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan pada gigi

8. Bersiwak

Siwak lebih dikenal sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan mulut. Fungsi siwak dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plak, mencegah gigi berlubang, terutama untuk memutihkan gigi.

Caranya:

  1. Oleskan siwak pada gigi secara merata seperti menyikat gigi

9. Cara Memutihkan Gigi dengan Daun Sirih

Daun sirih adalah resep tradisional sejak jaman dahulu yang terbukti manjur sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Mungkin kamu pernah melihat nenek atau kakek  sedang mengunyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah. yang mereka kunyah adalah daun sirih. Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai pemutih gigi secara alami.

Caranya:

  1. kunyah daun sirih yang sudah dibersikan.

10. Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang

Cara memutihkan gigi kuning secara alami juga bisa dengan menggunakan Kulit pisang.

Caranya mudah saja:

  1. Ambil kulit pisang yang sudah dibersihkan lebih dulu
  2. Gosok-gosokkan kulit pisang yang sudah bersih pada gigi Anda

11. Buah Stroberi

Kandungan Vitamin C dan asam malat yang berfungsi untuk mengikis noda pada gigi, selain itu buah ini juga berguna untuk mencegah sariawan, gusi berdarah dan membunuh bakteri dalam mulut.

Caranya:

  1. Siapkan buah strawberry secukupnya
  2. Tumbuk sampai halus
  3. Oleskan pada gigi

12. Buah Pinang

Buah pinang mengandung astringent dan hemostatik dari zat tanin yang dapat digunakan sebagai pemutih gigi secara alami.

Caranya:

  1. Siapkan biji buah pinang
  2. Bakar biji buah pinang hingga hangus
  3. Tumbuk hingga halus
  4. Oleskan pada gigi

 

Demikian, selamat mencoba ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *